Bagaimana Caranya Agar Kita Diharamkan Allah dari Sentuhan Api Neraka

Ada kabar gembira dari Rasulullah salallahu alaihi wassalam bagi kita, jika kita konsisten melakukan beberapa rakaat dengan penuh khusu’, khudu’ dan memenuhi Sunnah serta kewajibannya. Hal ini berdasarkan riwayat Ummu Habibah yang mendengar Rasulullah bersabda,
“ barangsiapa yang konsisten melakukan empat rakaat sebelum zuhur dan empat rakaat sesudahnya, maka Allah mengharamkan api neraka baginya.”
Hadits shahih, diriwayatkan oleh Ahmad 6/326. Abu Dawud 1269. At-Tirmizi 426.
Maksud dari Allah mengharamkan neraka baginya adalah, Allah mengharakannya kekal di dalam neraka. Barang siapa yang konsisten melakukan empat rakaat tersebut dan dia meninggalkan dunia dalam keadaan islam, maka sabda Rasulullah ini menjadi kabar gembira karena dijamin kita tidak akan kekal didalam neraka seperti kekalnya orang kafir. Dimana sosok muslim demikian hanya akan disiksa sesuai maksiat yang dilakukannya. Kemudian ia keluar dari neraka menuju syurga, dengan catatan dosa-dosanya telah diampuni oleh Allah subhana wata'ala.

Faedah ini di dapat dari shalat qbliyah dan ba’diyah zhuhur saja. Adapun bagi orang-orang yang melakukan shalat sebanyak dua belas rakaat dalam satu hari, maka pahala baginya sesuai yang diriwayatkan oleh Ummu Habibah radiallahuanha. Beliau mendengar Rasulullah bersabda :
“tidaklah seorangpun hamba muslim yang melakukan shalat karena Allah Ta’ala setiap dua belas rakaat shalat Sunnah bukan fardu. Melainkan Allah akan membuatkan baginya rumah di surge.
Hadits sahih diriwayatkan oleh Muslim 728. AbuDawud 1250.
Berdasarkan hadits di atas, jelas bagi kita betapa besarnya keutamaan yang didapat seorang muslim, jika ia konsisten melaksanakan Sunnah dan disiplin menjalankannya. Dianjurkan bagi seorang hamba, dalam satu hari tidak kurang melakukan dua belas rakaat Sunnah. Shalat Sunnah disini mencakup shalat rawatib, seperti dijelaskan dalam hadist riwayat Ashabussunan, dan juga shalat-shalat Sunnah lainnya.\

Amalan lain yang bisa menghapus dosa adalah berzikir sehabis shalat. Beberapa dzikir mengandung ampunan dosa dan menjadi penghapus segala kesalahan. Oleh karena tu, bersegeralah wahai saudaraku, untuk konsisten mengamalkan Sunnah-sunnah tersebut, agar kamu meraup pahala, ganjaran nan agung dan menghapus dosa serta kesalahan. Wallahu alam.
Bagaimana Caranya Agar Kita Diharamkan Allah dari Sentuhan Api Neraka Bagaimana Caranya Agar Kita Diharamkan Allah dari Sentuhan Api Neraka Reviewed by Fadhil Mustaqim on 00.44 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.