Tiga Amalan yang Dapat Menghapus Dosa


Tak ada satu kebaikan pun melainkan kita dibimbing Rasulullah s.a.w untuk melaksanakannya, di mana beliau memotivasi kita, menjelaskan keutamaan dan pahala yang terkandung di dalamnya. Diantara penghapus dosa adalah, tiga amalan yang dapat menghapus seluruh dosa. Lalu apa ketiga amalan tersebut? 


1.    Menyempurnakan wudhu
Maksudnya adalah sempurna, lengkap, dan mencakup seluruh anggota wudhu. Sedangkan yang dimaksud dalam kondisi yang dibenci adalah kondisi sulit atau kondisi yang tidak disukai atau bisa juga kesulitan dalam menyempurnakannya, yaitu kesulitan dalam mengalirkan air ke tempat-tempat wajib dalam kondisi di mana air sangat dingin misalnya, atau adanya penyakit yang membuat tidak bias menyentuh air, atau sulit mendapatkan air dan sejenisnya.

2.    Memperbanyak langkah ke masjid
Menunjukkan jauhnya jalan seseorang ke masjid lebih afdhal dan lebih banyak pahala serta ganjaran dari Allah swt.
 
3.    Menunggu shalat
Maksudnya, hati dan pikiran terkait dengan shalat walaupun sedang berada di rumah atau di tengah kesibukan dengan pekerjaan, terlepas apakah shalat itu dilakukan secara berjama'ah atau sendirian di masjid ataupun di rumahnya.
 
Ikatan di sini adalah jihad dalam kondisi menghadapi gugusan musuh dan berjaga-jaga dari serangannya. Menunggu shalat disebut sebagai tali jihad karena di dalamnya terkandung jihad nafs (jihad terhadap jiwa) dan menahannya dari luapan syahwat. Yaitu mengikat diri untuk melarangnya untuk mengikuti hawa nafsu, maka jadilah ia sebagai jihad akbar. Atau yang dimaksud ia merupakan tali jihad yang paling baik seperti dikatakan jihadun nafsi adalah jihad.
 
Maknanya, bahwa amalan ini merupakan ikatan hakiki, karena mampu menutup  seluruh pintu setan  dalam jiwa, memaksa hawa nafsu dan melarangnya menerima pesan-pesan setan yang mengikuti syahwat, maka dengan demikian pasukan Allah (junudullah) berhasil mengalahkan bala tentara setan (junudusy-syaitan). Oleh karena itu ia bias disebut jihad akbar. Rasulullah s.a.w sendiri sampai mengulang-ulangnya, saking pentingnya ikatan tersebut.


Abu Hurairah ra meriwayatkan sabda Rasulullah s.a.w,
“Tidakkah kalian ingin aku tunjukkan amalan yang dengannya Allah menggugurkan segala dosa dan mengangkat derajat?” “tentu, mau sekali wahai Rasulullah,”jawab para sahabat. Rasulullah bersabda, “ menyempurnakan wudhu dalam kondisi yang tidak disukai, banyak melangkah ke masjid, menunggu waktu shalat, itulah ikatan(jihad)… itulah ikatan (jihad)
Hadits shahih, diriwayatkan oleh imam Muslim 251. At-Tirmidzi 51.

Derajat di sini adalah rumah-rumah di surga atau yang dimaksud adalah mengangkat derajat di dunia dengan sebutan yang bagus dan di akhirat dengan pahala yang banyak.

Semua hal di atas memberikan wasilah untuk meraih ampunan Allah dan mendekatkan diri kepada Allah swt. Keterangan beberapa hadits mengenai penghapus dosa, sangat erat kaitannya dengan hak-hak Allah. Adapun yang berkaitan dengan hak-hak hamba, maka hak-hak tersebut mesti dikembalikan kepada pemiliknya, atau diminta kehalalannya.
Tiga Amalan yang Dapat Menghapus Dosa Tiga Amalan yang Dapat Menghapus Dosa Reviewed by Fadhil Mustaqim on 14.38 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.